Selasa, 25 November 2008

Iklan Online Meningkat Tajam di Masa Krisis

Ternyata krisis ekonomi tidak selalu membawa pegaruh yang buruk. Terbukti, iklan online mampu meningkat 11 persen dari tahun lalu justru saat perekonomian sedang tidak stabil seperti sekarang ini.

Pada kuartal ketiga 2008 pendapatan iklan online mencapai USD 5,9 miliar. Ini artinya peningkatan 11 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun 2007. Demikian data Interactive Advertising Bureau.

Namun, bisa jadi ini berarti iklan online belum terpukul dan bukannya tidak mengalami pukulan. Pasalnya, dari kuartal kedua ke kuartal ketiga 2008 peningkatannya hanya dua persen alias menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan melambat.

Data pada tiga kuartal awal tahun 2008 menunjukkan pendapatan iklan meningkat secara keseluruhan menjadi USD 17,3 miliar. Ini naik dari USD 15,2 miliar di periode yang sama tahun 2007.

Peneliti marketing online, ComScore Inc menunjukkan seberapa besar iklan online mencapai pemirsanya. AOL meraup 173 juta atau sekitar 91 persen dari 190,6 orang di Amerika Serikat yang online. Sedangkan Yahoo Network menempati posisi kedua dengan 164 juta orang dan Google ketiga dengan 158 juta orang. (CNet/detik)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar